4 Faktor Ini Bisa Bikin Harga Rumah Naik di Masa Depan

Kembali ke Beranda

4 Faktor Ini Bisa Bikin Harga Rumah Naik di Masa Depan

East2West Property News - Banyak faktor yang harus dipertimbangkan oleh sebuah keluarga ketika ingin membeli rumah baru. Apalagi proses ini akan menghabiskan banyak dana.

Selain sebagai tempat berlindung, calon pembeli harus menempatkan rumah sebagai investasi masa depan yang menjanjikan, di mana ketika dijual harganya tetap atau naik dari harga beli.

Senior Associate Director Capital Markets & Investment Services of Colliers Indonesia, Aldi Garibaldi mengungkapkan terdapat empat faktor yang bisa berpengaruh pada harga hunian di masa depan.

“Empat faktor yang berpengaruh pada harga hunian di masa depan yakni privasi, security (keamanan), sense of community (hubungan emosional dengan komunitas) serta luxury (kemewahan) atau biasanya disingkat sebagai PSCL,” ujarnya dalam Webinar Hunian Nyaman dengan Fitur Cangguh yang digelar Paramount Land pada Jumat (18/3/2022).

Dikatakan, faktor pertama yang akan dipertimbangkan orang saat membeli hunian adalah soal masalah privasi. Ini bisa didapatkan bila masyarakat membeli hunian dalam kawasan perumahan.

Faktor kedua adalah security, karena para penghuni harus memastikan keadaan rumah serta keluarganya tetap aman dari gangguan pihak luar.

Selanjutnya pilihlah hunian yang memiliki sense of community. Jika tinggal dalam sebuah komunitas bersama, para penghuni bisa menjalin koneksi dengan tetangga yang memiliki kegiatan sama bahkan tidak menutup kemungkinan menciptakan peluang bisnis.

Aldi mengatakan faktor terakhir yang harus dipertimangkan dalam membeli hunian adalah luxury. Dalam hal ini, luxury bukan berarti mahal tapi menawarkan banyak hal yang dibutuhkan oleh pembeli.

"Faktor luxury ini bisa ada setelah tiga faktor sebelumnya terpenuhi. Luxury juga bukan semata-mata rumah yang mahal namun apa saja yang ditawarkan rumah tersebut,” ungkap Aldi.

Menurutnya, banyak rumah dengan harga yang mahal namun harganya bisa turun di kemudian hari karena gagal menerapkan konsep keamanan atau privasi bagi pemiliknya.

“Karena itu, orang harus berhati-hati dalam investasikan uang dalam membeli hunian premium karena tidak semua hunian ini akan naik harga di masa depan,” tandasnya.

Salah satu hunian yang sudah memenuhi 4 faktor di atas adalah Pasadena Grand Residence dari Paramount Land.

Berlokasi di Gading Serpong, rumah ini menawarkan beragam fasilitas lengkap termasuk dilengkapi dengan Smart Home System serta panel surya yang dibanderol Rp 4 miliar-Rp 7 miliar.

Sumber : Kompas

Dapatkan Informasi Terbaru